Space Iklan Banner

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PTS IPS SMP Kelas 9 Semester Genap

Daftar Isi

 

Soal PTS IPS SMP Kelas 9 Semester Genap (Gambar canva.com)

Soal, dan Kunci Jawaban PTS IPS SMP Kelas 9 Semester Genap – Tidak terasa semester genap telah berjalan hampir setengah semester. Oleh karena itu bapak dan ibu guru harus mempersiapkan kembali Penilaian Tengah Semester (PTS).


Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal, dan kunci jawaban PTS mata pelajaran IPS SMP Kelas 9 semester genap kurikulum 2013 yang diharapkan dapat membantu bapak dan ibu guru dalam memilih soal-soal yang dianggap sesuai dengan kemampuan peserta didik Anda.


Berikut Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Tengah Semester (PAS) IPS SMP Kelas 9 Semester Genap  Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dikutip dari Modul PJJ SMP Semester Genap yang diterbitkan Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia :

MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL 

1. Berikut ini yang merupakan perbedaan perdagangan dalam negeri dan perdagangan

internasional adalah ....

Jawaban : C

2. Salah satu hambatan dalam perdagangan internasional adalah ….

A. Munculnya spesialisasi ekonomi

B. Terjadi transfer ilmu dan teknologi

C. Kebijakan pemerintah suatu negara

D. Munculnya pergeseran budaya suatu negara


3. Tujuan diadakannya perdagangan internasional antara lain ….

A. mendapatkan devisa

B. menguasai negara lain

C. menunjukkan kekayaan negara

D. memperluas wilayah negara.


4. Berikut ini adalah faktor yang mendorong perdagangan internasional, kecuali ...........

A. perbedaan jumlah penduduk

B. perbedaan sumber daya alam

C. perbedaan iklim

D. terjadinya globalisasi


5. Kebijakan pemerintah berupa penetapan pajak atas barang-barang impor atau barangbarang dagangan yang melintasi daerah pabean adalah kebijakan .....

A. tarif

B. kuota

C. subsidi

D. dumping


6. Berikut ini yang merupakan ciri perdagangan internasional adalah .....

 A. kualitas barang bervareasi

 B. peraturan perundang-undangan sama

 C. pembeli dan penjual berinteraksi langsung

 D. Pembeli dan penjual tidak berinteraksi langsung


7. Berikut ini adalah manfaat dan faktor pendorong perdagangan international :

1) Keinginan memperoleh keuntungan.

 2) Mempercepat alih teknologi.

 3) Karena perbedaan faktor produksi.

 4) Mendapat devisa.

 5) Perbedaan sumber daya alam.

 6) Memperluas lapangan kerja.

Yang termasuk manfaat perdagangan internasional adalah …

A. 1, 3 dan 5

B. 1, 2 dan 3

C. 2, 4 dan 6

D. 3, 4 dan 5


8. Pada dasarnya perdagangan internasional muncul dilatarbelakangi oleh kemampuan menghasilkan barang dan jasa yang berbeda. Negara Thailand penghasil padi, sedangkan negara Arab Saudi penghasil Minyak. Faktor yang mendorong kedua negara mengadakan perdagangan internasional disebabkan oleh perbedaan….

A. Tingkat kualitas Sumberdaya Manusia

B. Sumberdaya Alam yang dimilikinya

C. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

D. Sosial budaya suatu bangsa


9. Negara X memutuskan membeli produk otomotif dari negara Y karena butuh biaya lebih besar bila harus memproduksi produk otomotif sendiri. Hal tersebut mengindikasikan adanya faktor pendorong perdagangan internasional, yaitu….

A. Efisiensi

B. perbedaan selera

C. perbedaan teknologi

D. perbedaan sumber daya alam


10. Manfaat perdagangan internasional dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas barang adalah….

A. Mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

B. Menciptakan spesialisasi produk unggulan

C. Mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara

D. Meningkatkan kegiatan produksi dalam negeri


11. Kebijakan perdagangan yang dilakukan pemerintah dengan tujuan menurunkan biaya produksi dalam negeri agar mampu bersaing dengan produk luar negeri disebut …

A. dumping

B. subsidi

C. tarif

D. larangan impor


12. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Saling membantu memenuhi kebutuhan antarnegara

2) Adanya ketergantungan terhadap negara pengimpor

3) Masyarakat cenderung menjadi konsumtif

4) Memperluas pasar bagi produk dalam negeri

5) Meningkatkan produktivitas usaha.

Dampak positif perdagangan internasional ditunjukkan nomor….

A. 1), 2), 3)

B. 1), 3), 4)

C. 1), 4), 5)

D. 3), 4), 5)


13. Perhatikan tabel di bawah ini.

1) Mengurangi pinjaman luar negeri

2) Mendatangkan barang dari luar negeri

3) Mengirim barang ke luar negeri

4) Bekerja sama dengan negara lain

Hal yang perlu dilakukan suatu negara bila membutuhkan barang yang tidak dihasilkan sendiri ditunjukkan nomor....

A. 1) dan 2)

B. 1) dan 3)

C. 2) dan 4)

D. 3) dan 4)


14. Dampak negatif dari adanya perdagangan internasional adalah....

A. Terjadinya ketergantungan dengan negara lain

B. Setiap negara dapat memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa

C. Pendapatan negara meningkat melalui perolehan devisa hasil ekspor

D. Mendorong pertumbuhan ekonomi dan menyerap banyak tenaga kerja


15. Untuk menghasilkan barang ekspor dibutuhkan tenaga kerja. Oleh karena itu, perdagangan internasional terutama kegiatan ekspor dapat ....

A. menghemat biaya produksi

B. menstabilkan harga

C. memperluas kesempatan kerja

D. meningkatkan pendapatan


MATERI EKONOMI KREATIF

1. Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia?

A. Berpotensi menciptakan inovasi dan kreativitas bangsa

B. Dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri

C. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah

D. Dapat meningkatkan kerja sama dengan negara lain


2. Perhatikan daftar jenis usaha berikut ini!

1) Periklanan

2) Kuliner

3) Arsitektur

4) Mebelair

5) Kerajinan

6) Property

Berdasarkan daftar di atas yang merupakan jenis industri kreatif adalah nomor .....

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 5)

C. 2), 4), dan 6)

D. 4), 5), dan 6)


3. Indonesia memiliki 17.500 pulau, 400 suku bangsa yang terdiri dari 740 etnis dan memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, agama dan kondisi sosial ekonomi. Berbagai produk budaya seperti wisata Borobudur, batik, songket, wayang, pencak silat, dan seni budaya lainnya merupakan aset bangsa yang dapat ditunjukkan dan ditawarkan ke negara lain. Berdasarkan hal tersebut jenis ekonomi kreatif apakah yang potensial di kembangkan di Indonesia?

A. perbitan/percetakan dan broadcasting

B. penerbitan/percetakaan dan seni pertunjukan

C. seni pertunjukan dan kerajinan

D. kerajinan dan broadcasting


4. Strategi pemerintah melaksanakan pengembangan ekonomi kreatif adalah ....

A. integrasi swasta, pemerintah, dan masyarakat

B. menjalin kerjasama dengan investor asing

C. mendatangkan tenaga ahli yang berasal dari negara maju

D. mencari daerah pemasaran baru


5. Sejak kehadirannya beberapa tahun belakangan ini, istilah startup menjadi sangat tren khususnya di kalangan anak muda. Kepopulerannya kian melejit semenjak beberapa startup Indonesia berhasil menyabet gelar unicorn dengan rata-rata usia CEO yang masih terbilang masih muda. Pesatnya pertumbuhan teknologi serta informasi tentunya menjadi salah satu faktor pendorong banyak anak muda Indonesia yang tertarik untuk mendirikan startup.

Berikut ini faktor lain yang mendorong anak muda mengembangkan bisnis startup adalah ………..

A. meningkatkan wawasan

B. berkembangnya tempat “nongkrrong” anak-anak muda

C. membangun koneksi yang lebih luas

D. meningkatkan devisa negara


6. Berikut ini yang merupakan manfaat dari ekonomi kreatif adalah ….

A. berkembangnya lembaga kursus Teknologi Informasi

B. meningkatnya ekspor barang

C. meningkatnya tenaga ahli dari luar negeri

D. bisnis menjadi lebih kompetitif


7. Perhatikan pernyataan berikut!

1). sulitnya memperoleh pembiayaan

2). media dan infrastruktur teknologi informasi masih rendah

3). akses bahan baru yang masih terbatas

4). belum memiliki kerja sama dengan negara-negara maju

5). daya beli masyarakat rendah

Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan hambatan dalam pertumbuhan ekonomi kreatif adalah ……….

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3) dan 4)

C. 2), 3) dan 5)

D. 3), 4), dan 5)


8. Bagaimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi daerah wisata?

A. melalui pengembangan wisata kuliner

B. pendirian hotel-hotel yang artistik

C. promosi melalui fotografi dan video konten

D. meningkatkan pendidikan para pemandu wisata


9. Perhatikan tabel di bawah ini!


Berdasarkan tabel di atas yang merupakan kebiasaan yang harus Ananda miliki jika akan menjadi pengusaha ekonomi kreatif adalah kolom …

A. I

B. II

C. III

D. IV


10. Indonesia dan India memproduksi dua jenis komoditi yaitu pakaian dan tas dengan asumsi (anggapan) masing-masing negara menggunakan 100 tenaga kerja untuk memproduksi kedua komoditi tersebut. 50 tenaga kerja untuk memproduksi pakaian dan 50 tenaga kerja untuk memproduksi tas. Hasil total produksi kedua negara tersebut yaitu:


Berdasarkan informasi di atas Indonesia memiliki keunggulan mutlak dalam memproduksi pakaian. Mengapa?

A. Jumlah tenaga kerja 100 mampu menghasilkan 40 unit

B. Jumlah tenaga kerja 50 mampu memproduksi 40 unit

C. Pakaian Indonesia harganya lebih murah dibandingkan harga tas Indonesia

D. Pakaian Indonesia menggunakan tenaga kerja lebih banyak dibandingkan India


11. Perbedaan utama antara keunggulan mutlak dan komparatif adalah ....

A. Keunggulan mutlak terjadi bila suatu negara menghasilkan barang dengan kualitas lebih bagus

B. Keunggulan komparatif terjadi bila suatu negara mampu menghasilkan barang dengan kualitas lebih bagus

C. Keunggulan mutlak terjadi bila suatu negara memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lain

D. Keunggulan komparatif terjadi suatu negara memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lain


12. Perhatikan tabel di bawah ini!


Berdasarkan tabel di atas keuntungan negara A berupa …..

A. 4 buah baju

B. 2 buah baju

C. 4 buah tas

D. 2 buah tas


13. Indonesia dengan Thailand memproduksi dua jenis barang yaitu pakaian dan tas dengan asumsi masing-masing negara tersebut menggunakan tenaga dan waktu yang digunakan sama. Ternyata Indonesia mampu menghasilkan barang pakaian lebih banyak, sedangkan Thailand menghasilkan tas lebih banyak.

Berdasarkan deskripsi di atas maka manakah diantara pernyataan di bawah ini yang paling tepat!

A. Keunggulan mutlak Thailand adalah barang pakaian

B. Keunggulan komparatif Thailand adalah tas

C. Keuanggulan mutlak Indonesia adalah barang pakaian

D. Keuanggulan komparatif Indonesia adalah tas


14. Perhatikan tabel pertukaran hasil produksi (keunggulan komparatif)



Berdasarkan tabel di atas terlihat bahwa Mesir memiliki keunggulan untuk kedua produk tersebut sehingga tidak memungkinkan terjadi perdagangan antara Indonesia dan Mesir. Namun, secara komparatif masih memungkinkan dengan melihat dasar tukarNegara masing-masing. Keunggulan komparatif apakah yang dimiliki negara Mesir?

A. Produksi rempah-rempah dengan pengorbanan 1,25 permadani

B. Produksi rempah-rempah, dengan pengorbanan 0,5 permadani

C. Produksi permadani dengan pengorbanan 1,25 rempah

D. Produksi permadani, dengan pengorbanan 0,5 rempah


15. Salah satu upaya kementrian perdagangan untuk meningkatkan ekonomi kreatif adalah dengan pencipataan indentitas lokal Daerah Tingkat I dan II serta Indentitas Nasional. Apakah tujuan upaya tersebut?

A. membangun identitas daerah dan suku bangsa serta identitas budaya Indonesia

B. mengembangkan budaya daerah dan sekaligus memperkenalkan budaya nasional

C. membangun citra lokal dan nasional dan mendorong agar produk dimaksud didaftarkan dalam HKI

D. mengembangkan budaya daerah dan pengembangan kawasan wisata daerah


MATERI PUSAT KEUNGGULAN EKONOMI

Pilihlah jawaban yang paling tepat !

1. Perhatikan peta Indonesia berikut ini!


Berdasarkan peta di atas wilayah yang memiliki tema pembangunan sebagai “Pendorong Industri dan Jasa Nasional” ditunjukkan oleh angka romawi …

A. I

B. II

C. III

D. IV


2. Perhatikan daftar kegiatan ekonomi berikut ini!

1) Kelapa sawit

2) Perkayuan

3) Batu bara

4) Peternakan

5) Nikel

6) Tembaga

Berdasarkan daftar di atas yang merupakan kegiatan ekonomi di daerah koridor ekonomi Pulau Kalimantan adalah nomor ….

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 5)

C. 2), 4), dan 6)

D. 4), 5), dan 6)


3. Berikut ini yang merupakan peranan PT Freeport Indonesia adalah ….

A. Memberikan bantuan modal

B. Menjadi penyedia tenaga ahli

C. Membantu Indonesia memasarkan tambang emas

D. Menanam investasi untuk membangun infrastruktur di perusahaan Papua


4. Berikut ini yang merupakan peranan Perusahaan Tambang Minyak Negara adalah …..

A. Menjadi komoditas utama perdagangan

B. Meningkatkan kualitas penduduk Indonesia

C. Menjadi sumber utama pembangunan nasional

D. Menstimulasi kegiatan perkonomian masyarakat


5. Perhatikan peta Indonesia di bawah ini!


Berdasarkan peta di atas, yang diberi tanda hitam adalah lokasi kilang minyak tertua di Indonesia, yaitu ……

A. Dumai/Sungai Pakning

B. Pangkalan Brandan

C. Balongan

D. Kasim


6. Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk, antara lain …

A. Terjadi ledakan penduduk

B. Angka kelahiran penduduk meningkat

C. Penduduk dari luar darah berdatangan

D. Terjadi perubahan komposisi penduduk


7. Berikut ini yang merupakan pengaruh positif pusat-pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi adalah ….

A. Bertambahnya pengguna jalan raya

B. Bertambahnya jumlah jalan raya

C. Terjadi kerusakan jalan raya

D. Padatnya lalu lintas 


8. Berikut ini yang merupakan pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap lembaga sosial ekonomi masyarakat adalah …..

A. Pertamina membangun banyak kilang minyak

B. PT Freeport mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri

C. PT Freeport mendirikan sekolah-sekolah untuk masyarakat Papua

D. Pertamina membangun jalan raya di lokasi penambangan minyak bumi


9. Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap pendidikan antara lain ………

A. Pendirian Perguruan Tinggi untuk mendapatkan tenaga ahli dan terampil

B. Mempekerjakan anak-anak yang masih sekolah dengan part time

C. Hanya menerima tenaga kerja lokal yang berpendidikan tinggi

D. Bekerja sama dengan lembaga perguruan tinggi asing


10. Pengaruh pusat keunggulan terhadap pekerjaan adalah ……….

A. Adanya pembagian kerja antara tenaga kerja ahli dan tenaga kerja kasar

B. Banyaknya pemukiman untuk para pekerja

C. Berdirinya kursus-kursus tenaga kerja

D. Memperluas lapangan kerja


11. Berikut ini yang merupakan ciri pasar bebas adalah ……..

A. Campur tangan pemerintah sangat besar

B. Kepemilikan alat dan sumber produksi hanya dimiliki oleh pemerintah

C. Adanya persaingan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya

D. Terdapat beragam barang-barang produksi yang dipasarkan atau

diperdagangkan


12. Apabila perdagangan bebas dunia diberlakukan di Indonesia, akibatnya adalah . .

A. pemerintah akan membatasi jumlah barang-barang yang bisa diimpor

B. produsen lokal harus mampu bersaing dan memperbaiki kualitas barang

C. barang-barang buatan luar negeri tidak dapat melewati batas suatu negara

D. Indonesia akan menjadi negara kaya jika mampu mengkonsumsi barangbarang luar negeri


13. Yang perlu dilakukan oleh pengusaha UMKM agar dapat bersaing dengan pengusaha besar adalah ..

A. Menggunakan tenaga ahli di bidangnya

B. Mengolah bahan-bahan hasil pertanian

C. Menggunakan jasa angkutan yang cepat

D. Promosi menggunakan teknologi Informasi


14. Perhatikan peta berikut ini!


Peta di atas menggambarkan keanggotaan salah satu organisasi dalam pasar bebas yaitu…

A. APEC

B. AFTA

C. OPEC

D. MEE


15. Tujuan dibentuknya AFTA adalah untuk menjadikan kawasan ASEAN sebagai….

A. Kawasan yang bebas, netral dan damai

B. Lingkungan pergaulan yang harmonis

C. Tempat produksi yang kompetitif.

D. Tempat tujuan wisata


Bagi Anda yang membutuhkan Soal dan Kunci Jawaban PTS IPS Kelas 9 Semester Genap silakan download di sini 


Baca Juga : 

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PTS IPS Kelas 8 Semester Genap klik disini 


Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PTS IPS Kelas 7 Semester Genap klik disini

Posting Komentar

Space Iklan Sticky
Space Iklan Banner